Wakaf Produktif Investasi Akhirat Menguntungkan

Tahukah Teman, kalau wakaf produktif dapat menjadi investasi akhirat yang menguntungkan? Siapapun yang melakukan investasi pasti ingin mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan modal yang sedikit. Wah, bagaimana ya konsepnya? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Investasi

Investasi adalah usaha penanaman modal untuk memperoleh keuntungan di masa depan, baik dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang. Ada banyak macam bentuk investasi seperti saham, obligasi, reksa dana, emas, tanah dan properti. Selain berbentuk harta, pendidikan juga merupakan investasi yang bisa bermanfaat di masa depan. Dan masih banyak lagi bentuk investasi lainnya.

Seiring perkembangan teknologi digital, semakin memudahkan masyarakat mendapatkan informasi seputar pihak-pihak yang menawarkan investasi dengan keuntungan yang besar. Namun tidak sedikit dari masyarakat menjadi korban penipuan investasi bodong. Berharap mendapat untung yang besar, yang terjadi justru tertipu dan kehilangan banyak uang. Kerugian ini disebabkan ketidaktahuan masyarakat akan mekanisme investasi yang dipilih.

Akibat banyaknya bermunculan investasi-investasi bodong membuat keraguan bagi banyak orang untuk menanam modal mereka. Akhirnya masyarakat di Indonesia sendiri lebih memilih membuka tabungan dibanding berinvestasi.

Baca Juga: MEWUJUDKAN PENDIDIKAN GRATIS DARI HASIL INVESTASI WAKAF UANG

Investasi Akhirat

Bentuk investasi tidak hanya berupa materi duniawi, melainkan investasi akhirat juga dapat memberikan keuntungan yang besar, bahkan tidak akan merugi sama sekali. Hidup di dunia hanya sementara, sedang kehidupan akhirat yang selama ini telah menanti kekal selamanya. Dan apakah kita sudah menyiapkan bekal untuk kehidupan di akhirat kelak?

Investasi akhirat juga memiliki banyak rupa, yaitu pahala shalat, puasa, zakat, infaq, sedekah, melainkan ada banyak sekali. Seperti amalan-amalan sunnah, berbuat baik kepada orang lain, dll.

Wakaf Produktif Investasi Akhirat

Dari sekian banyak investasi akhirat, ada salah satu investasi akhirat yang sangat menguntungkan, yaitu wakaf produktif. Wakaf produktif jarang sekali terdengar di masyarakat. Padahal manfaat yang diberikan begitu besar baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Wakaf produktif adalah harta benda yang dikelola secara profesional, hingga dapat menghasilkan keuntungan secara kontinu, yang selanjutnya dimanfaatkan untuk kepentingan pembiayaan banyak orang. Seperti untuk pembiayaan beasiswa pendidikan untuk anak tidak mampu, penyediaan fasilitas/pelayanan kesehatan, pembiayaan modal usaha, dll.

Jadi maksud kata produktif pada ‘wakaf’ adalah harta yang dikelola dengan baik, agar menghasilkan keuntungan. Sehingga hasil dari pengelolaan tersebut yang digunakan untuk memenuhi tujuan wakaf, yang telah disepakati bersama dengan wakif.

Baca Juga: PENGERTIAN WAKAF DALAM ISLAM SERTA PENERAPAN DI MASYARAKAT

Memanfaatkan harta benda yang dimiliki untuk kepentingan umat akan lebih baik dibanding untuk dinikmati sendiri. Kebaikan yang diperoleh dapat berkali-kali lipat banyaknya. Seperti yang telah Allah jelaskan dalam firman-Nya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir tumbuh seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang dikehendaki, dan Allah Maha Kuasa (Karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261)

Begitu besar balasan yang akan Allah berikan kepada mereka menginvestasikan harta bendanya di jalan Allah SWT. Jadi sangat menguntungkan bukan wakaf produktif?. Karena Allah akan membalas kebaikan kita dengan amal jariyah yang bisa menjadi bekal atau tabungan akhirat kelak.

Mulai Berinvestasi di Lembaga Wakaf Paramadina

Lembaga Wakaf Paramadina (LWP) hadir untuk menjadi wadah yang mengelola wakaf produktif Kawan. Terdapat berbagai program dalam bidang pendidikan, ekonomi, dakwah, dan sosial, yang dapat memberikan manfaat baik kepada umat. Program tersebut ada beasiswa, bantu desain UMKM, pembangunan kampus, pembangunan masjid, bantuan untuk guru, bantuan gizi untuk anak jalanan, serta pembangunan wakaf center building. Ke depannya, akan ada berbagai program wakaf produktif yang diadakan oleh LWP. Kawan dapat mempelajari program lebih lanjut dengan mengunjungi laman berikut.

About the Author